Minggu, 10 Mei 2009

TAMBAH SEHAT DENGAN KHUSNUZON




"Hai orang-orang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa."(s.al hujurat:12).


Berbaik sangka(khusnuzon) berhubungan erat dengan emosi positif dan kekuatan fisik,tak hanya membuat lebih tenang tapi juga efektif dalam memperlambat penuaan.

Kebenaran ayat diatas terbukti sudah dengan penelitian yang melibatkan 1.558 orangtua keturunan Meksiko-Amerika, sebelum diadakan penelitian para partisan(orang yang di teliti) tidak mengalami kerapuhan fisik.Para partisan di teliti selama 7 tahun,yang di lakukan oleh 3 orang ahli dari University of Texas Branch di Galveston dan di publikasikan di Psichology and Aging sebuah jurnal dari Amerika Psicology Asosiasion.

Hasilnya menunjukkan,partisan yang kurang berfikir positif mengalami peningkatan angka kerapuhan fisik 8 % selama 7 tahun.Berfikir positif secara langsung mempengaruhi kesehatan melalui respon kimia dan syaraf,yang bermafaat juga untuk meningakatkan kemapuan intelektual,fisik,psikologi,dan sosial seseorang.

Penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor psikologi dari Universitas of Toronto Kanada yaitu Michael Inzlicht mengatakan: bahwa otak orang yang beragama berbeda dengan orang yang tidak beragama,orang yang religius(beragama) jauh lebih tenang dan memiliki tingkat stres atau kecemasan yang lebih rendah di bandingkan dengan orang yang tidak mempercayai agama.

Marilah kita senantiasa berfikir positif.....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar